Tips Belanja Hemat Agar Keuangan Tetap Terjaga

7 Tips Belanja Hemat Agar Keuangan Tetap Terjaga dan Teratur

Mengatur keuangan sangatlah penting untuk diperhatikan. Keuangan yang diatur dengan baik, dapat menjamin kehidupan seseorang di kemudian hari.

Tidak hanya menjamin kehidupan di kemudian hari, mengatur keuangan dengan baik juga dapat mempermudah Anda untuk mendapatkan berbagai hal yang diinginkan.

Terutama bagi Anda yang memiliki hobi belanja, Anda harus memahami bagaimana cara menghemat uang. Berikut ini 7 tips belanja hemat agar keuangan tetap terjaga dan teratur.

1. Menahan Diri Agar Tidak Lapar Mata

Lapar mata adalah istilah yang sering didengar dan diartikan sebagai sebuah keinginan atau dorongan yang kuat untuk memiliki sesuatu yang terlihat oleh mata.

Berhubungan dengan itu, untuk dapat mewujudkan keuangan yang teratur dan hemat dalam berbelanja, Anda harus bisa menahan diri saat merasakan keinginan yang besar untuk memiliki sesuatu atau sedang lapar mata.

Dengan cara menahan diri agar tidak lapar mata ini, Anda bisa lebih menghemat dan tentunya dapat menjaga keuangan Anda agar tidak jebol. Tips ini sangat ampuh untuk Anda lakukan ketika berniat untuk lebih menghemat pengeluaran.

2. Sabar Sebelum Memutuskan Untuk Membeli Barang

Tips belanja hemat agar keuangan tetap terjaga dan teratur selanjunta yang harus dilakukan adalah lebih sabar sebelum memutuskan untuk membeli barang.

Ketika memiliki keinginan untuk belanja, sebaiknya Anda memberikan tenggang waktu untuk diri Anda untuk lebih sabar dalam memutuskan untuk membeli barang. Caranya adalah dengan menunda keinginan tersebut beberapa hari.

Tidak perlu lama dalam memberikan tenggang waktu, cukup memberikan waktu satu atau dua hari untuk berpikir apakah Anda benar-benar membutuhkan barang tersebut atau sebaliknya.

Dalam proses ini Anda juga bisa mencari informasi dan review barang dan jasa tersebut lewat Duniapedia.com. Dengan memberikan waktu untuk berpikir ini sangat efisien bagi Anda dalam menghemat keuangan.

3. Membeli Dalam Jumlah Banyak Barang Kebutuhan Sehari-Hari

Selain menahan diri ketika akan membeli suatu barang, ada kalanya juga Anda harus membeli barang dalam jumlah banyak, yakni pada saat Anda belanja kebutuhan sehari-hari.

Dengan cara ini, Anda bisa lebih menghemat karena dapat menemukan barang kebutuhan sehari-hari dengan harga yang lebih miring. Jika Anda dapat selektif dan menemukan barang dengan harga terbaik tentu sangat mendukung usaha Anda untuk lebih hemat walaupun hobi belanja.

4. Membuat Daftar Skala Prioritas

Meskipun berbelanja memang suatu kebutuhan, Anda juga harus tetap memperhatikan skala prioritas. Sebaiknya Anda membuat daftar skala prioritas dengan cara menentukan hal-hal mana saja yang termasuk dalam kategori penting dan wajib, misalnya membayar tagihan dan investasi. Kedua hal ini sangat penting untuk didahulukan saat Anda berniat untuk menghemat uang.

Ketika menerima penghasilan, sebaiknya Anda segera mendahulukan untuk membayar tagihan yang dimiliki dan investasi. Untuk mendapatkan informasi lebih lengkap seputar investasi Anda bisa mengunjungi Financer.com.

Di Financer.com, Anda juga dapat membandingkan berbagai produk investasi menarik di Indonesia dan luar negeri. Menariknya, website ini gratis digunakan kapan saja dan di mana saja lewat gadget Anda.

5. Belanja Saat Mood Lagi Baik

Tips hemat bagi Anda yang hobi belanja berikutnya bisa dilakukan dengan belanja saat mood lagi baik. Cara ini sangat ampuh untuk lebih menekan keinginan berbelanja.

Hal ini dikarenakan saat berbelanja dalam keadaan mood buruk akan meningkatkan konsumsi dalam berbelanja. Oleh karena itu, saat belanja sebaiknya Anda memperhatikan kondisi perasaan.

Saat mood dalam keadaan baik, Anda akan lebih leluasa untuk menentukan barang yang dibutuhkan dan tentunya menekan untuk tidak belanja berlebihan. Dengan demikian keinginan Anda untuk dapat menghemat lebih mudah terpenuhi.

6. Membatasi Penggunaan Kartu Kredit

Penggunaan kartu kredit yang berlebihan juga bisa menjadi pemicu Anda tidak bisa belanja hemat. Cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan membatasi penggunaan kartu kredit.

Sering menggunakan kartu kredit sebagai alat pembayaran ketika belanja dapat mengakibatkan Anda tidak dapat mengontrol pembelian. Oleh karena itu, sebaiknya Anda lebih bijak dalam menggunakan kartu kredit.

7. Belanja Menggunakan Kode Kupon Diskon atau Promo

Adanya penawaran diskon atau promo bisa sangat menghemat pengeluaran belanja Anda. Bagaimana tidak, Anda bisa mendapatkan potongan harga mulai 50% hingga 90% setiap belanja. Kabar baiknya, Anda bisa mengunjungi dan menggunakan kode diskon atau voucher promo dari website Kuponq.com. Di website gratis ini terdapat berbagai penawaran diskon dan promo dari berbagai produk dan brand ternama di dalam negeri maupun di luar negeri.

Selain itu, Kuponq.com juga dapat diakses dari gadget Anda kapan saja dan di mana saja selama 24 jam.

Oleh karena itu, untuk mewujudkan keinginan Anda untuk lebih hemat dan menjaga agar keuangan tetap teratur, sebaiknya Anda belanja menggunakan kode kupon diskon atau promo

Itulah 7 tips belanja hemat agar keuangan tetap terjaga dan teratur. Lakukan cara diatas dengan baik dan benar. Semoga informasi yang kami berikan bermanfaat dan membantu. Terima Kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *