Teknologi Industri Pertanian Indonesia Yang Terus Dikembangkan

Teknologi Industri Pertanian Indonesia Yang Terus Dikembangkan

Pertanian di indonesia memang belum semaju jepang atau korea. Namun banyak perbaikan yang dilakukan supaya teknologi pertanian di indonesia semakin berkembang. Dalam bidang pertanian, teknologi digunakan untuk meningkatkan produktivitas. Sehingga menghasilkan panen yang lebih berkualitas dan berlimpah. Indonesia pun tidak perlu mengimpor dari negara lain. berikut ini beberapa teknologi industri pertanian indonesia yang terus dikembangkan.

 

Transplanter

Teknologi transplanter direkomendasikan oleh litbang kementan RI. Teknologi ini digunakan untuk proses penanaman padi. Sehingga produksi padi bisa meningkat hingga 30 persen.

Indo Combine Harvester

Di indonesia memanen padi masih menggunakan tenaga manusia. Hal ini membuat proses memanen membutuhkan waktu lama dan biaya mahal. Di negara maju, proses memanen padi sudah menggunakan mesin. Sehingga memudahkan proses panen. Di indonesia mulai mengembangkan teknologi indo combine harvester. Teknologi ini digunakan untuk memotong padi saat panen dan langsung keluar dalam bentuk biji padi.

Mesin Pemilih Bibit Unggul

Seperti namanya, mesin ini digunakan untuk memilih bibit unggul. Sehingga dihasilkan produk yang berkualitas. Mesin ini sudah dicoba dalam proses pemilihan bibit unggul jagung hibrida. Bila dipilih secara manual membutuhkan waktu yang lebih lama. Dengan mesin waktunya akan lebih cepat.

Alat Pengering Kedelai

Kedelai menjadi bahan utama pembuatan tahu dan tempe. Sehingga banyak produsen yang membutuhkan. Namun sayangnya banyak kedelai yang diimpor dari luar negeri. Proses pengeringan kedelai memang membutuhkan waktu lama. Dengan menggunakan alat pengering kedelai, anda bisa mengeringkan kedelai dengan cepat. Dari delapan hari menjadi satu hari saja.

Instalasi Pengolah Limbah

Pengolahan limbah di indonesia masih sangat buruk. Sehingga banyak sampah yang menumpuk. Dengan adanya instalasi pengolah limbah, membuat limbah pertanian bisa dimanfaatkan dengan baik. bisa dijadikan pupuk organik.

Masih banyak teknologi industri pertanian yang sedang dikembangkan di indonesia. semoga pertanian di indonesia semakin maju dan petani sejahtera. Tidak ada lagi padi, jagung atau hasil pertanian lain yang harus import dari negara lain. semua bisa dihasilkan dari negara sendiri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *