Kredit Mobil Bekas

Perhatikan Hal Ini Sebelum Mengajukan Kredit Mobil Bekas

Perkembangan dunia usaha yang semakin pesat membuat saat ini banyak perusahaan pembiayaan (leasing) yang memudahkan masyarakat dalam melakukan pengajuan kredit mobil bekas. Hal ini tentu akan menguntungkan masyarakat dalam membeli mobil mengingat harga mobil baru sekarang cukup tinggi sehingga banyak orang yang lebih memilih mobil bekas dibandingkan dengan mobil baru.

Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Kredit Mobil Bekas

Membeli mobil bekas tidak semudah yang dibayangkan. Banyak hal yang harus diperiksa terlebih dahulu namun banyak yang melihat kualitas mobil bekas hanya dari interior dan eksterior yang masih bagus padahal masih banyak yang harus diperiksa agar tidak menyesal nanti. Apabila anda tidak mengerti tentang hal-hal yang berhubungan dengan mobil maka sebaiknya anda membawa teman atau keluarga yang lebih paham tentang hal ini.

1. Cari Tahu Latar Belakang Mobil

Latar belakang mobil adalah hal yang perlu anda perhatikan sebelum memutuskan membeli sebuah mobil bekas. Jika anda bertemu dengan pemilik mobil secara langsung, hal ini akan memudahkan anda untuk mencari tahu latar belakang mobil. Anda bisa mencari tahu tentang hal-hal berikut :

• Kapan anda membeli mobil ini?
• Seberapa sering anda mengendarai mobil ini? Ke mana saja?
• Ke mana rute terjauh yang pernah ditempuh?
• Selain anda, siapa yang sering menggunakan mobil ini?
• Apakah mobil ini pernah mengalami kecelakaan?
• Berapa kali dalam setahun anda melakukan service?
• Apakah spare part tertentu pernah diganti? Kapan dan mengapa?
• Mengapa anda menjual mobil ini?

Jika ada pertanyaan yang menurut anda perlu diajukan untuk pemilik mobil, silahkan ditambahkan. Setelah mendapatkan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan anda, mulailah melakukan pengecekan mobil.

2. Catatan Servis Lengkap

Catatan servis sangat penting karena mobil yang dirawat secara rutin, tentunya akan memiliki performa dan kondisi yang lebih prima. Mobil yang rutin servis berkala juga mencerminkan kepribadian pemilik sebelumnya yang menjaga dan merawat kondisi mobil. Jika memungkinkan, pilih mobil yang selalu di servis di bengkel resmi sehingga anda juga bisa memastikan keaslian odometer mobil.

3. Kelengkapan Surat

Kelengkapan standar yang harus dimiliki mobil bekas ialah BPKB (Buku Pemilik Kendaraan Bermotor) dan juga STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan). Kedua surat ini ialah bukti identifikasi kendaraan bermotor sekaligus kelengkapan kendaraan. Surat ini mencatat identitas pemilik, identitas kendaraan bermotor, nomor registrasi dan masa berlaku termasuk pengesahannya namun pastikan surat tersebut asli dan sah.

4. Performa Mesin Mobil

Mesin yang terdengar baik adalah mesin yang terdengar halus dan tidak kasar. Mobil yang masih bagus juga memiliki ciri mudah di-starter. Setelah menyalakan mesin cobalah untuk melakukan tes drive.

Cobalah untuk mengoper gigi, pastikan bahwa oper gigi ini berjalan dengan lancar. Bila mobil terasa berat, cenderung berbelok ke arah kiri atau kanan, sebaiknya anda berpikir dua kali untuk membelinya. Dalam tes drive ini cobalah untuk melewati jalan yang kurang rata untuk mengetes baik tidaknya kondisi kaki-kaki mobil.

Itulah hal-hal yang harus diperhatikan dahulu sebelum membeli secara kredit mobil bekas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *