Lebih Baik Membeli Mobil Bekas Matic atau Manual

Lebih Baik Membeli Mobil Bekas Matic atau Manual

Membeli mobil bekas memang membutuhkan pertimbangan yang banyak bahkan mobil matic atau manual juga menjadi salah satu pertimbangan. Hal ini dikarenakan keduanya memiliki sistem dan harga yang berbeda. Meskipun begitu, keduanya sama-sama memiliki keunggulan masing-masing sehingga bisa dipilih sesuai kebutuhan.

Pertimbangan Membeli Mobil Bekas Matic atau Manual

Jenis mobil transmisi manual memiliki enam gigi yaitu satu untuk mundur ke belakang dan lima untuk melaju ke depan. Mobil manual membutuhkan kopling untuk mengoper gigi sedangkan mobil matic memiliki gigi yang lebih sedikit sehingga pengoperasian yang lebih sederhana. Transmisi matic biasanya terbagi menjadi otomatis dan semi otomatis.

Untuk mobil matic yaitu gigi berpindah secara otomatis tanpa membutuhkan perintah dari pengemudi sedangkan untuk mobil transmisi semi matic yaitu perpindahan gigi yang masih membutuhkan perintah pengemudi hanya saja tidak membutuhkan kopling. Baik itu mobil matic dan semi matic umumnya sering ditemui pada mobil mewah.

Banyak yang lebih meminati mobil matic karena pengoperasiannya lebih mudah tanpa harus sering memindahkan gigi terutama bisa dirasakan pada saat tanjakan ataupun saat terjadi kemacetan. Pengemudi tidak harus memindahkan gigi di tengah tanjakan dan hanya perlu memasukkan gigi untuk tanjakan kemudian bisa melaju dengan mudah. Mobil matic juga tidak perlu terus-terusan menahan dan melepas kopling saat ingin melajukan mobil pada keadaan macet.

Konsumsi bahan bakar mobil manual juga lebih hemat dibandingkan dengan mobil matic. Hal ini dikarenakan mobil manual menggunakan gigi dengan banyak jumlah sehingga dapat lebih efisien dan hemat dalam penggunaan bahan bakar dibandingkan mobil manual yang memiliki perputaran transmisi yang lebih berat dan membutuhkan banyak bahan bakar.

Untuk harga, mobil baru matic lebih mahal dibandingkan manual dan biasanya perbedaan harganya relatif jauh sedangkan untuk mobil bekas matic dan mobil bekas manual harganya tidak terpaut jauh namun akan tetap lebih mahal matic dibandingkan manual. Mobil matic juga membutuhkan biaya perawatan yang lebih mahal dibandingkan dengan mobil manual karena memiliki komponen yang lebih rumit.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *