5 Bahan Alami untuk Mengatasi Keputihan Saat Hamil

5 Bahan Alami untuk Mengatasi Keputihan Saat Hamil

Keputihan saat hamil adalah kondisi yang wajar bagi para calon ibu. Akan tetapi, ada beberapa kasus di mana keputihan tersebut memiliki tanda yang tidak normal. Hal ini tidak perlu dikhawatirkan. Jika mengalami keputihan ketika hamil, Anda bisa menggunakan bahan-bahan alami berikut ini. Bahan alami memang dipercaya lebih aman dibandingkan dengan menggunakan bahan-bahan kimia.

1. Lidah buaya

Bahan alami yang pertama adalah lidah buaya. Tanaman yang satu ini memang memiliki sejuta manfaat, mulai dari kesehatan rambut, kulit, bahkan untuk mengatasi keputihan ketika hamil. Lidah buaya ini bisa membantu untuk mencegah keluarnya cairan yang abnormal serta dapat meredam jaringan pada rahim.

Untuk membuat ramuan dari lidah buaya, Anda dapat memblender lidah buaya yang telah dikupas, kemudian rebus bersama sambiloto menggunakan air secukupnya. Minum air hasil rebusan tersebut secara rutin 2 kali dalam sehari.

2. Delima kering

Kedua, Anda bisa juga menggunakan delima kering. Selain memiliki rasa yang enak, ternyata buah delima juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi keputihan. Untuk membuat ramuan dengan bahan ini, siapkan 30 gram kulit delima kering. Setelah itu rebus dengan 600 ml air hangat sampai tersisa separuhnya. Saring air rebusan tersebut dan minum selagi hangat. Minum secara rutin dua kali sehari.

3. Teh dari daun jambu biji

Untuk membuat ramuan dari teh daun jambu biji, Anda harus merebus 1 liter air terlebih dahulu. Selanjutnya, masukkan 30 gram daun jambu biji ke dalam air panas. Diamkan selama 5 menit dan saring airnya. Basuh seluruh daerah genital dengan air tersebut. Lakukan 3 kali sehari.

4. Yoghurt

Yogurt memiliki rasa yang enak dan segar. Sepertinya Anda tidak akan keberatan untuk mengonsumsinya sembari dapat mengatasi keputihan. Di dalam yogurt terdapat bakteri baik yang disebut dengan probiotik. Probiotik berguna untuk menjaga kesehatan dan memulihkan keseimbangan bakteri dalam tubuh. Untuk mengaplikasikan yogurt sebagai obat keputihan, Anda bisa mengonsumsi secara langsung atau mengoleskan vagina dengan yogurt.

5. Sambiloto

Sambiloto sudah sangat terkenal dengan manfaatnya sebagai obat tradisional. Salah satu fungsi dari sambiloto adalah dapat mengatasi keputihan. Tanaman ini mengandung senyawa yang sangat bermanfaat bagi tubuh seperti aldehid, keton, mineral, alkane, flavonoid, dan asam kersik. Anda bisa mengombinasikan sambiloto dengan daun jengger ayam untuk hasil lebih maksimal.

Cara meracik ramuan dari bahan ini adalah dengan merebus sambiloto dengan 3 gelas air. Tambahkan sekitar 15 gram bunga jengger ayam yang kering. Tunggu hingga mendidih sampai tersisa segelas air. Saring airnya dan minum secara rutin.

Bagaimana? Tertarik untuk mencoba ramuan alami tersebut? Karena bahan tersebut sudah terbukti bermanfaat untuk kesehatan, maka tidak ada salahnya jika Anda mencobanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *