Wisata Alam Air Terjun Kedung Pedut

Wisata Alam Air Terjun Kedung Pedut di Yogyakarta

Yogyakarta merupakan salah satu kota wisata yang paling sering dikunjungi oleh para wisatawan baik wisatawan lokal hingga wisatawan mancanegara. Yogyakarta berhasil membuat para wisatawan kembali lagi untuk berwisata baik itu wisata kuliner hingga wisata alam. Salah satu wisata alamnya yang cukup populer yaitu Air Terjun Kedung Pedut tepatnya terletak di daerah Kulon Progo.

Lokasi Air Terjun Kedung Pedut

Lokasi Air Terjun Kedung Pedut terletak di Banyunganti, Jatimulyo, Girimulyo, Kulon Progo Regency, Special Region of Yogyakarta. Air Terjun Kedung Pedut dapat memiliki rute yang dapat ditempuh dengan mudah. Apabila anda datang dari pusat Kota Yogyakarta, anda bisa menuju ke Jl. Mayor Suryotomo kemudian ke arah Barat setelah melewati perempatan ke Jl. Panemabahan Senopati.

Kemudian anda bisa menuju ke Jl. KH Ahmad Dahlan kemudian lurus terus hingga menuju ke Jl. R.E. Martadinata. Setelah itu melewati Jl. Siliwangi hingga ke perempatan barat lalu menuju ke Jl. Godean hingga ke Jl. Raya ps Kenteng. Anda hanya perlu mengikuti jalan hingga tiba ke Air Terjun Kedung Pedut.

Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi baik itu motor ataupun mobil. Jarak Air Terjun Kedung Pedut dari Kota Yogyakarta sekitar 35 km sehingga untuk menempuhnya menggunakan kendaraan biasanya membutuhkan waktu sekitar 1 jam lebih.

Keindahan Air Terjun Kedung Pedut

Untuk mengunjungi Air Terjun Kedung Pedut, para pengunjung harus melewati sebuah jalur yang terletak di atas perbukitan menoreh. Namun selama perjalanan, para pengunjung akan disuguhkan dengan pemandanganalam yang indah dari Kulon Progo misalnya seperti raturan sawah yang hijau dengan metode terasering.

Bukan hanya itu saja, anda juga akan melihat bukit-bukit yang indah dan asri yang dipenuhi pohon hijau pada satu sisi dan sisi lainnya yaitu jurang. Para pengunjung juga akan melewati wisata alam lainnya seperti Goa Seplawan, Goa Kiskendo, dan Gunung Lanang sehingga pemandangan yang diberikan benar-benar akan memanjakan mata.

Wisata Air Terjun Kedung Pedut memilki daya tarik tersendiri yang mempesona salah satunya yaitu terdapat dua warna air terjun yaitu warna hijau tosca dan warna putih jernih. Warna hijua tosca dihasilkan karena terdapat pantulan dari bebatuan pada dasar sungai yang terpancarkan dari cahaya sinar matahari sedangkan warna putih jernih dikarenakan terdapat aliran air yang sangat deras di samping kedung.

Air Terjun Kedung Pedut memiliki satu aliran yang sama dengan wisata alam lainnya yaitu salah satunya Air Terjun Kembang Soka yang memiliki mata air mudal dan air terjun bertingkat. Mata air mudah merupakan sumber mata air alami bagi Air Terjun Kedung Pedut dan Air Terjun Kembang Soka.

Air Terjun Kedung Pedut memiliki keunikan lainnya selain dua warna air terjun yaitu terdapat kolam alam yang merupakan Kedung atau cekungan yang memiliki kedalaman hingga di sekitar dada atau leher orang dewasa.

Terdapat susunan bambu-bambu yang berada di sekitar dinding tebing dan menempel dengan kuat. Bambu tersebut memang dibuat untuk tempat duduk bagi para pengunjung agar bisa menikmati keindahan alam yang disuguhkan atau beristirahat setelah bermain air.

Terdapat beberapa kedung di Air Terjun Kedung Pedut yaitu Kedung Lanang, Anyes, Lanang, dan Wedok. Setiap kedung memiliki kedalaman yang berbeda-beda ada yang mencapai hingga 5 meter. Di sekitar kedung juga dilengkapi dengan fasilitas berupa tempat istirahat bagi para pengunjung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *